PENGARUH IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN, KEPUASAN, MINAT BELI, DAN LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus pada Waroeng Group di Kota Yogyakarta)
Abstract
Dalam menghadapi isu mengenai Corporate Social Responsibility (CSR) yang tidak hanya menjadi pembicaraan isu sosial, namun juga berkembang menjadi perbincangan hangat bagi para pemilik pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility(CSR) terhadap citra perusahaan, kepuasan,minat beli, dan loyalitasakonsumen di Waroeng Group Yogyakarta.
Penelitian iniamenggunakan jenis data yaitu data primer dengan metode penyebaran kuesioner pada responden,menggunakan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, serta populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Waroeng Group di Yogyakarta. Metode yangdigunakan untuk menguji hipotesis yaitu Structural Equation Modela(SEM) dengan bantuan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif signifikan terhadap citra perusahaan, kepuasan konsumen minat beli konsumen, dan loyalitas konsumen. Citra perusahaanaberpengaruh positif signifikan terhadap minat beli dan loyalitasakonsumen. Kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli dan loyalitas konsumen.
Collections
- Akuntansi [4399]