PENGARUH INDEPENDENSI, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN GENDER TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan bagaimana pengaruh independensi, tingkat pendidikan dan gender terhadap tindakan kualitas audit dengan motivasi sebagai variabel moderasi. Teknik penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan secara langsung kepada 6 Kantor Akuntan Publik.
Instrumen dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan software SPSS 24. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dilakukan uji asumsi klasik. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan uji regresi linear berganda, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) independensi berpengaruh signifikan positif terhadap kualitas audit, (2) independensi dan motivasi sebagai moderasi tidak berpengaruh signifikan, (3) tingkat pendidikan berpengaruh positif signifikan, (4) tingkat pendidikan dengan motivasi sebagai moderasi berpengaruh secara negatif signifikan, (5) gender berpengaruh signifikan, (6) gender dengan motivasi sebagai moderasi tidak berpengaruh signifikan.
Collections
- Akuntansi [4426]