Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Dra. Rahmani Timorita Y, M.Ag.
dc.contributor.authorAchmad Abdul Fatah, 15913142
dc.date.accessioned2019-09-23T03:19:17Z
dc.date.available2019-09-23T03:19:17Z
dc.date.issued2019-05-07
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15708
dc.description.abstractBisnis harus dilakukan dengan cara yang terbaik dengan tidak melakukan kecuranagn, riba, rekayasa harga maupun penimbunan barang. Namun pada era milenial seperti ini seakan-akan nilai yang beretika telah luntur. Kecenderungan masyarakat untuk berlaku bebas seakan mewabah disetiap lini kehidupan. Seperti yang terjadi di pasar tradisional Brunorejo, Bruno, Purworejo. Menurut peneliti perilaku pedagang yang tidak sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalam etika bisnis Islam, karena dalam menetapkan harga tidak berdasarkan aturan. Dalam hal ini pedagang dalam menawarkan dagangannya bisa mencapai tiga kali lipat harga aslinya adapun dalam menarik minat pembeli, pedagang mempunyai tata cara tersendiri yaitu dengan menggunakan logat bahasa jawa yang halus dan humoris. Sesuai dengan etika bisnis dalam Islam seharusnya pedagang harus mengutamakan kejujuran dan tanggungjawab agar tujuannya terpenuhi Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkaan secara sistematik keakuratan fakta serta relevan untuk memahami fenomena sosial, jenis penelitian yang dilakukan penulis adalah lapangan. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan tekhnik wawancara dan observasi. Untuk menguji kabsahan data penguji mengggunakan tekhnik credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Serta melakukan proses triangulasi. Sehingga akan lebih mudah dalam menganalisa serta mendapatkan kesimpulan yang sesuai dengan ketentuannya. Sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa pedagang selalu memperhatikan sikap yang baik kepada semua konsumen. Seperti sikap jujur, transparan, dan ramah tamah. Adapun penetapan harga produk sudah sesuai dengan prinsip keadilan dalam Islam. Serta etika yang dipakai ketika melakukan jual beli tidak berlebihan dalam mengambil keuntungan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPedagang Pakaianen_US
dc.subjectPenentuan Hargaen_US
dc.subjectPasar Tradisionalen_US
dc.subjectEtika Bisnis Islamen_US
dc.titlePerilaku Pedagang Pakaian Di Pasar Brunorejo Dalam Menentukan Harga Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam. (Studi Kasus Di Pasar Brunorejo Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record