Analisis Kepuasan Pelanggan di Supermarket Ramayana Salatiga
Abstract
Laju pertubuhan ekonomi yang mulai meningkat maka meningkat pula
daya beli masyarakat. Daya beli yang meningkat ini akan meningkatkan
kebutuhan dan keinginan masyarakat dalam mendapatkan kepuasan yang
maksimal, akibatnya masyarakat semakin kritis terhadap barang-barang yang akan
dibeli dan terhadap tempat perbelanjaan. Berdasar pada latar belakang tersebut
penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul : "Analisis Kepuasan
Pelanggan di Supermarket Ramayan Salatiga".
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui variabel apa
sajakah yang merupakan penggerak kepuasan pelanggan di Supermarket
Ramayana Salatiga dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan
pelanggan di Supermarket Ramayana Salatiga. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan analisis tingkat kesesuaian dan diagram kartesius.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang merupakan
penggerak kepuasan pelanggan di Supermarket Ramayana Salatiga, yaitu produk,
harga, kualitas pelayanan, faktor emosional, dan kemudahan dijangkau.
Sedangkan tingkat kepuasan pelanggan di Supermarket Salatiga secara rata-rata
adalah sebesar 85,31 %, yang berarti bahwa kinerja dari Supermarket Ramayan
Salatiga sudah bagus, karena antara harapan pelanggan dengan kinerja perusahaan
hamper mencapai 100 %.