Show simple item record

dc.contributor.advisorDhomas Hatta Fudholi, ST., M. Eng., Ph.D
dc.contributor.authorAltesa Yunistira, 13917203
dc.date.accessioned2019-09-09T06:59:22Z
dc.date.available2019-09-09T06:59:22Z
dc.date.issued2019-03-08
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15106
dc.description.abstractPerkembangan bisnis era digital saat ini membuat stakeholder aplikasi Apotikkuota menyadari besarnya tantangan dalam dunia bisnis. Saat ini data merupakan sesuatu hal yang berharga, sadar akan hal tersebut membuat stakeholder aplikasi Apotikkuota berfokus pada penanganan data yang baik. Data tersebut merupakan beberapa data diantaranya; data transaksi penjualan, data pelanggan, serta data lainnya yang akan berguna dalam pengambilan keputusan dalam penerapan strategi pemasaran. Selama ini penanganan pemasaran hanya pada intuisi stakeholder tanpa melihat manfaat dari proses analisis data yang ada. Business Intelligence (BI) menjadi salah satu solusi akan kebutuhan perusahaan atau organisasi, terutama dalam menganalisis dan menyediakan akses ke data guna membantu mengambil keputusan secara lebih baik. Dalam penelitian ini, peneliti akan merancang dan membangun model BI untuk mendukung strategi pemasaran pada bisnis PPOB (Payment Point Online Bank). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan BI dengan membuat dashboard reporting dan Online Analytical Processing (OLAP) untuk membantu pihak stakeholder dalam pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini, yaitu menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh stakeholder dalam proses pengambilan keputusan untuk meningkatkan strategi pemasaran pada aplikasi Apotikkuota. Dalam proses pengambilan keputusan, penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang didalamnya terdapat komponen 4P yaitu: Price (Harga), Product (Produk), Place (Distribusi), serta Promotion (Promosi) menjadi acuannya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectbusiness intelligenceen_US
dc.subjectstrategi marketingen_US
dc.subjectpengambilan keputusanen_US
dc.subjectaplikasi ppoben_US
dc.subjectdashboarden_US
dc.titleANALISIS PENERAPAN MODEL BUSINESS INTELLIGENCE PADA APLIKASI PPOB (PAYMENT POINT ONLINE BANKING) DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS: APLIKASI APOTIKKUOTA)en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record