ANALISIS PENERAPAN MODEL BUSINESS INTELLIGENCE PADA APLIKASI PPOB (PAYMENT POINT ONLINE BANKING) DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS: APLIKASI APOTIKKUOTA)
Abstract
Perkembangan bisnis era digital saat ini membuat stakeholder aplikasi Apotikkuota
menyadari besarnya tantangan dalam dunia bisnis. Saat ini data merupakan sesuatu hal
yang berharga, sadar akan hal tersebut membuat stakeholder aplikasi Apotikkuota berfokus
pada penanganan data yang baik. Data tersebut merupakan beberapa data diantaranya; data
transaksi penjualan, data pelanggan, serta data lainnya yang akan berguna dalam
pengambilan keputusan dalam penerapan strategi pemasaran. Selama ini penanganan
pemasaran hanya pada intuisi stakeholder tanpa melihat manfaat dari proses analisis data
yang ada. Business Intelligence (BI) menjadi salah satu solusi akan kebutuhan perusahaan
atau organisasi, terutama dalam menganalisis dan menyediakan akses ke data guna
membantu mengambil keputusan secara lebih baik. Dalam penelitian ini, peneliti akan
merancang dan membangun model BI untuk mendukung strategi pemasaran pada bisnis
PPOB (Payment Point Online Bank). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan BI
dengan membuat dashboard reporting dan Online Analytical Processing (OLAP) untuk
membantu pihak stakeholder dalam pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini, yaitu
menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh stakeholder dalam proses pengambilan
keputusan untuk meningkatkan strategi pemasaran pada aplikasi Apotikkuota. Dalam
proses pengambilan keputusan, penerapan strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang
didalamnya terdapat komponen 4P yaitu: Price (Harga), Product (Produk), Place
(Distribusi), serta Promotion (Promosi) menjadi acuannya.