Pola Parkir Kendaraan Roda Empat Pada Ruas Jalan Urip Sumoharjo
View/ Open
Date
2002Author
Harvyanto, Fatkhi Happy
Suharto, Kuncoro Adam
Metadata
Show full item recordAbstract
Pertambahan jumlah penduduk tiap tahun akan membawa konsekuensi
penambahan kepemilikan kendaraan yang menyebabkan peningkatan permintaan
parkir. Jalan Urip Sumoharjo merupakan salah satu pusat kegiatan tidak terlepas dari
masalah perparkiran, sehingga perlu dicari solusi atau kebijaksanaan yang tepat
dalam mengatasi masalah tersebut.
Metode pcnelitian yang dilakukan adalah dengan cara melakukan survai
parkir dengan mendata plat nomor kendaraan roda empat yang parkir di ruas jalan
Urip Sumoharjo setiap 30 menit, dari pukul 9.00 21.00 WIB, selama 3 hari yaitu
hari Sabtu, hari Minggu dan hari Senin.
Survai dilakukan untuk memperoleh informasi karakteristik-karakteristik
sebagai berikut : akumulasi parkir, volume parkir, durasi parkir, pergantian parkir,
dan indeks parkir, yang dilakukan dengan cara mensurvai kendaraan dengan
menggunakan formulir kendaraan yang keluar dan masuk areal parkir. Analisis
kebutuhan ruang parkir yang berdasarkan pendekatan rumus (Pignataro, 1979), dan
Laporan Akhir Studi Perencanaan Parkir (Dirjen. Perhubungan Darat, 1992).
Hasil-hasil analisis penelitian memperoleh jam puncak mobil umumnya
terjadi pada malam hari., tingkat kebutuhan ruang parkir mobil sebesar 69 kendaraan,
tingkat akumulasi parkir sebesar 85 kendaraan, volume parkir mobil terbesar 1185
kendaraan, durasi parkir maksimum terjadi pada hari Sabtu selama 510 menit,
pergantian parkir terjadi 9 kali dalam satu hari., indeks parkir 67.188%, sehingga dari
indeks parkir ini menunjukkan areal parkir masih mampu menampung seluruh
kendaraan yang akan parkir.
Collections
- Civil Engineering [4187]
- Civil Engineering [4187]