PENGARUH ISLAMIC BRANDING DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KOSMETIK HALAL PADA MAHASISWI DI YOGYAKARTA
Abstract
Fenomena Islamic branding telah mendapat perhatian yang cukup luas dikalangan akademisi dan praktisi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini mengingat populasi muslim didunia yang semakin bertambah. Para produsen sadar bahwa konsumen muslim merupakan sasaran empuk bagi pemasaran produk mereka. Melihat peluang ini tak mengherankan jika para produsen baik muslim maupun non muslim berlomba-lomba mengembangkan produk halal demi mendapatkan pasar muslim. Strategi pemasaran yang diterapkan produsen produk kosmeik halal agar dampak positif pesan iklan dapat tersampaikan adalah dengan menggunakan celebrity endorser yang dianggap mewakili nilai-nilai dari produk kosmetik mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Islamic branding dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian konsumen kosmetik halal pada mahasiswi di Yogyakarta. Model theory of planned behavior digunakan dalam penelitian ini sebagai prediktor dalam perilaku konsumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan analisis data menggunakan partial least square (PLS). Sampel dalam penelitian ini adalah 200 responden dan data diolah dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh prediktor TPB (Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kontrol Perilaku) berpengaruh terhadap Niat Beli konsumen, Niat Beli dan Islamic branding berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen sedangkan celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap konsumen keputusan pembelian konsumen kosmetik halal pada mahasiswi di Yogyakarta.