ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNAAN E-MONEY (Studi kasus : Pengguna Telkomsel Cash (T-Cash) di Regional Jawa Tengah-DIY)
Abstract
T-Cash merupakan salah satu e-money yang dikeluarkan oleh PT. Telkomsel.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh ekspekstasi kinerja, ekspektasi
usaha, pengaruh sosial, kondisi pendukung, motivasi hedonis, nilai harga, kebiasaan, minat
penggunaan, perilaku penggunaan terhadap minat penggunaan T-Cash dikalangan masyarakat Jawa
Tengah-DIY. Sampel ini diambil dengan metode purposive sampling berjumlah 200 responden. Jenis data
yang diambil pada penelitian ini merupakan data primer yang berupa kuesioner online. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan model
pengukuran (Outer Model) dan model struktural (Inner Model) dengan aplikasi Partial Least Square
(PLS). Hasil yang didapat dari analisis data menunjukan bahwa variabel ekspektasi usaha, kondisi
pendukung, motivasi hedonis, nilai harga, dan kebiasaan berpengaruh signifikan terhadap minat
penggunaan T-Cash sedangkan ekspektasi kinerja, pengaruh sosial berpengaruh tetapi tidak
signifikan terhadap minat penggunaan T-Cash. Serta kondisi pendukung dan minat penggunaan
berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap perilaku
penggunaan T-Cash.
Collections
- Akuntansi [4399]