EFEKTIVITAS SENAM OTAK (BRAIN GYM) DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEJENUHAN (BURNOUT) PADA SISWA DALAM PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DAN AQIDAH AKHLAK DI MTS YAPI SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Fenomena dalam pembelajaran di sekolah seringkali murid merasa jenuh, maka peneliti meurumuskan masalah bagaimana efektivitas senam otak (brain gym) menurunkan tingkat kejenuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah senam otak (brain gym) efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar (burnout) pada siswa YAPI Sleman Yogyakarta. Solusi yang bisa dilakukan agar anak menjadi lebih aktif dan lebih bisa dengan mudah menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru salah satunya yaitu dengan melakukan senam otak atau bisa disebut dengan brain gym.
Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah yaitu: apakah senam otak efektif dalam menurunkan tingkat kejenuhan siswa dan bagaimana cara senam otak dalam menurunkan kejenuhan siswa MTs YAPI Sleman? Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukan bahwa brain gym mampu menurunkan tingkat kejenuhan siswa dalam proses belajar dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan Aqidah Akhlak di MTs YAPI Sleman. Selain siswa tidak jenuh siswa juga lebih konsentrasi fokus dan membantu meningkatkan motivasi. Beberapa gerakan senam otak dapat membantu efektivitas pembalajran sehingga meningkatkan fokus konsentrasi dan pemahaman, membantu meningkatkan konsentrasi, meningkatkan konsentrasi dan fokus, dan membantu meningkatkan motivasi.
Collections
- Islamic Education [862]