KONSEP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMA ISLAM AL AZHAR 9 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMA Islam Al Azhar 9 Yogyakarta. Konsep pembelajaran adalah suatu kegiatan yang berjalan
dengan sistematais dan juga lancar dalam suatu perencanaan yang dengan mudah untuk dapat
dipahami dan juga dapat dimengerti.
Penelitian ini dilakukan karena ingin mengetahui bagaimana konsep pembelajaran pendidikan
agama Islam berbasis kurikulum 2013, pada dasarnya Kurikulum yang terakhir diterapkan
disekolah adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan(KTSP) sebagai pengganti dari kurikulum
berbasis kompetensi (KBK). Saat ini kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) telah
diperbaharui dengan kurikulum baru yang dikenal dengan kurikulum 2013. Dari kurikulum 2013
ini merupakan bagian dari penyempurnaan KTSP agar pendidikan diindonesia mampu mengikuti
perkembangan dan tuntutan zaman. Dengan melalui pengembangan kurikulum 2013 ini kita akan
menghasilkan insan indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif dengan melalui sikap dan
keterampilan serta pengetahuan yang sudah terinegrasi.
Dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian pendekatan deskriptif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tempat dan lokasi penelitian di SMA
Islam Al Azhar 9 Yogyakarta. Informan penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan
guru Pendidikan Agama Islam.Teknik pengumpulan datanya melalui tiga tahap yaitu, observasi,
wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menyajikan beberapa tahap yaitu tahap
pengumpulan data (data collection),tahap reduksi data(reduction data),tahap penyajian data
(data display) dan tahap penarikan kesimpulan (conclusion drawing /verification).
Hasil penelitian ini adalah Dalam menerapkan konsep pembelajaran Pendidikan Agama Islam
yang berbasis kurikulum 2013 di SMA Islam Al azhar 9 Yogyakarta bahwasanya dalam
pembelajarannya menggunakan dengan pendekatan ilmiah atau saintifik yaitu dengan
melaksanakan dengan adanya kegiatan dalam mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan dan kemudian guru memberikan pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran melalui power point, vidio terkait dengan materi dan bahan
yang diberikan oleh guru.
Collections
- Islamic Education [863]