Show simple item record

dc.contributor.advisorNadia Wasta Utami, S.I.Kom., MA
dc.contributor.authorSRI RAHAYU, 14321180
dc.date.accessioned2019-03-19T03:21:45Z
dc.date.available2019-03-19T03:21:45Z
dc.date.issued2019-01-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14210
dc.description.abstractPenelitian ini berfokus untuk melihat bagaimana peran serta fungsi yang dilakukan oleh humas dalam kegiatan CSR di PT. Adaro Indonesia, sebab Humas pada setiap perusahaan atau organisasi tentunya meliki peran serta fungsi yang berbeda-beda. Di PT. Adaro Indonesia sendiri tidak memiliki divisi Humas akan tetapi yang melakukan tugas-tugas seorang Humas ada di Department Community Relations and Mediation (CRM). Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sendiri merupakan program berkelanjutan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang mana perusahaan berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi dengan tentu saja memperhatikan tangung jawab sosial perusahaan yang menitikberatkan pada aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. Dengan seiring perkembangan zaman, organisasi atau perusahaan sudah mulai sadar akan pentingnya program CSR dan merasa perlu untuk melakukan program- proram CSR tersebut, sebab perusahaan sadar bahwa program CSR memiliki banyak manfaat. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta fungsi yang dijalankan oleh CRM pada aktivitas CSR di PT. Adaro Indonesia. Peneliti menggunakan studi pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan metode wawancara serta observasi dalam memperoleh data di lapangan. Observasi terhadap PT. Adaro Indonesia dilakukan melalui berita mengenai PT. Adaro Indonesia, web resmi perusahaan, dokumentasi yang dilakukan oleh perusahaan, serta dokumentasi dari peneliti. Selain itu penelitian ini menggunakan beberapa referensi yang bersumber dari buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Teori yang relevan dengan penelitian ini adalah teori kehumasan seperti peran Humas dan Fungsi Humas. Hasil dalam penelitian ini dibagi menjadi dua temuan penelitian yaitu mengenai fungsi Humas yang dilakukan oleh CRM dan Peran Humas yang dilakukan oleh CRM pada aktivitas CSR di PT. Adaro Indonesia. Pertama, fungsi utama yang dilakukan CRM yaitu untuk mendapatkan citra positif dari masyarakat sekitar dengan cara menjalin hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat. Fungsi CRM selanjutnya adalah sebagai penyebar informasi, menjaga eksistensi perusahaan, dan melakukan penanganan terhadap isu. Kedua, CRM PT. Adaro Indonesia ikut berkerjasama dalam melaksanakan program CSR, yaitu dengan berperan sebagai Expert Preciber, Problem Solving Process Fasilitator, dan sebagai Communication Fasilitator. Dalam operasionalnya PT Adaro Indonesia telah melakukan program CSR dalam beberapa bidang yaitu bidang pendidikan, peningkatan kesehatan, pen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeran Humasen_US
dc.subjectFungsi Humasen_US
dc.subjectPT. Adaro Indonesiaen_US
dc.subjectCSR (Corporate Social Responsibility)en_US
dc.titlePERAN DAN FUNGSI HUMAS PADA AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILIY OLEH CRM PT. ADARO INDONESIA DI KABUPATEN TABALONG PROVINSI KALIMANTAN SELATANen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record