dc.description.abstract | Penelitian ini berfokus untuk melihat bagaimana peran serta fungsi yang
dilakukan oleh humas dalam kegiatan CSR di PT. Adaro Indonesia, sebab Humas
pada setiap perusahaan atau organisasi tentunya meliki peran serta fungsi yang
berbeda-beda. Di PT. Adaro Indonesia sendiri tidak memiliki divisi Humas akan
tetapi yang melakukan tugas-tugas seorang Humas ada di Department Community
Relations and Mediation (CRM). Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sendiri
merupakan program berkelanjutan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau
organisasi yang mana perusahaan berkomitmen untuk berkontribusi dalam
pengembangan ekonomi dengan tentu saja memperhatikan tangung jawab sosial
perusahaan yang menitikberatkan pada aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan.
Dengan seiring perkembangan zaman, organisasi atau perusahaan sudah mulai
sadar akan pentingnya program CSR dan merasa perlu untuk melakukan program-
proram CSR tersebut, sebab perusahaan sadar bahwa program CSR memiliki banyak
manfaat. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta fungsi
yang dijalankan oleh CRM pada aktivitas CSR di PT. Adaro Indonesia.
Peneliti menggunakan studi pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan
metode wawancara serta observasi dalam memperoleh data di lapangan. Observasi
terhadap PT. Adaro Indonesia dilakukan melalui berita mengenai PT. Adaro
Indonesia, web resmi perusahaan, dokumentasi yang dilakukan oleh perusahaan,
serta dokumentasi dari peneliti. Selain itu penelitian ini menggunakan beberapa
referensi yang bersumber dari buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul
penelitian ini. Teori yang relevan dengan penelitian ini adalah teori kehumasan
seperti peran Humas dan Fungsi Humas.
Hasil dalam penelitian ini dibagi menjadi dua temuan penelitian yaitu
mengenai fungsi Humas yang dilakukan oleh CRM dan Peran Humas yang dilakukan
oleh CRM pada aktivitas CSR di PT. Adaro Indonesia. Pertama, fungsi utama yang
dilakukan CRM yaitu untuk mendapatkan citra positif dari masyarakat sekitar
dengan cara menjalin hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan
masyarakat. Fungsi CRM selanjutnya adalah sebagai penyebar informasi, menjaga
eksistensi perusahaan, dan melakukan penanganan terhadap isu. Kedua, CRM PT.
Adaro Indonesia ikut berkerjasama dalam melaksanakan program CSR, yaitu dengan
berperan sebagai Expert Preciber, Problem Solving Process Fasilitator, dan sebagai
Communication Fasilitator. Dalam operasionalnya PT Adaro Indonesia telah
melakukan program CSR dalam beberapa bidang yaitu bidang pendidikan,
peningkatan kesehatan, p | en_US |