KECERDASAN EMOSI DAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi
dan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Sampel dalam penelitian
merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengambil skripsi berjenis
kelamin laki-laki dan perempuan berusia 20-25tahun dan berjumlah 85 orang.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data yang diperoleh
menggunakan skor yang diambil menggunakan skala stres akademik dan skala
kecerdasan emosi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi
spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r = -0.201
dengan nilai p= 0.032 (P<0.01), sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah
adanya hubungan negatif antara kecerdasan emosi dan stres akademik pada
mahasiswa tingkat akhir di Yogyakarta. Berdasarkan analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Collections
- Psychology [2170]