Show simple item record

dc.contributor.advisorLukman, S.Ag, M.Pd.
dc.contributor.authorLucky Eko Prasetyo Wicaksono, 14422087
dc.date.accessioned2019-03-18T02:28:49Z
dc.date.available2019-03-18T02:28:49Z
dc.date.issued2018-12-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14123
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh efektivitas penggunaan media power point dan poster untuk meningkatkan prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Mlati dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar PAI yang signifikan antara kelas yang menggunakan Media belajar power point dengan Media belajar Poster Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experiment dengan sampel penelitiannya adalah kelas VIIIA dan VIIIB SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design uji t. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media power point dan poster, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PAI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Pretest dan Post test. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas, Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa power point efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak dibandingkan dengan media poster. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan nilai hasil belajar pretest-posttest pada kelompok eksperimen dan kontrol . Hasil skor pretest kelompok eksperimen media power point sebesar 15,00; dan hasil posttest sebesar 19,586. Berdasarkan skor pretest-posttest kelompok eksperimen terdapat peningkatan sebesar 4,42. Berdasarkan hasil uji t terdapat perbedaan yang signifikan pada posttest antara kelompok eksperimen power point dan kelompok kontrol media poster setelah pemberian treatment dengan multimedia berbasis power point. Nilai thitung (2,268) > ttabel (2,003) dengan signifikansi (0,071) ≤ 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis tentang ada perbedaan pada skor posttest kelompok eksperimen power point dan kelompok kontrol Poster diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan meda power point dan media Poster terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Mlati.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPowerpointen_US
dc.subjectPosteren_US
dc.subjectHasil Belajar Akidah Akhlaken_US
dc.titleEFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 8 SMP MUHAMMADIYAH 1 MLATIen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record