EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA PAUD AISYIYAH KRAJAN WEDOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN
Abstract
PAUD memiliki peran sangat penting dalam memberikan pendidikan PAI. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Menganalisis efektivitas pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di PAUD Aisyiyah (2) Mendiskripsikan berbagai macam faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di PAUD Aisyiyah.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian ini dilakukan di PAUD Aisyiyah Krajan Wedomartani Ngemplak Sleman. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data ini menggunakan (a) Koleksi Data (data collecting), (b) Reduksi data (data reduction), (c) Penyajian data (data display), dan (d) Penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing).
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran nilai-nilai agama Islam meliputi perencanaan pembelajaran, strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan (2) Guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran nilai-nilai agama Islam dipengaruhi (a) Perkembangan anak (b) TPP atau indikator (c) Bahan ajar atau materi yang disesuaikan dengan TPP atau indikator (d) Waktu yang ada. (e) Keadaan prasarana belajar (f) Kemampuan guru dalam menerapkan strategi
Collections
- Islamic Education [862]