PENERAPAN PERATURAN BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA
Abstract
Dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris santri Pondok
Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta memiliki sistem
peraturan berbahasa. Para santri dididik dan diwajibkan berkomunikasi
menggunakan bahasa Arab dan Inggris.. Namun pada kenyataanya masih ada
beberapa santri yang bahasa Arab dan Inggrisnya masih lemah dan tertinggal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan peraturan berbahasa
Arab dan Inggris serta mengetahui hasil penerapan peraturan berbahasa Arab dan
Inggris terhadap motivasi belajar santri Pondok Pesantren Modern
Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya adalah
ketua bidang bahasa, guru bahasa Arab, musyrif asrama, pengurus IPM bagian
bahasa, mudabbir asrama, dan santri Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah
Boarding School Yogyakarta. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek
penelitian adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan
adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan peraturan berbahasa Arab
dan Inggris di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School
Yogyakarta sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya peraturan berbahasa Arab
dan Inggris membuat motivasi belajar santri meningkat sehingga kemampuan
bahasa santri terus meningkat, dengan hal itu santri menjadi lebih cepat
memahami pelajaran di kelas dan prestasi santri meningkat, serta mampu
memenangkan berbagai perlombaan bahasa Arab dan Inggris.
Collections
- Islamic Education [862]