PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI KENYAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING (Studi Empiris pada Mahasiswa di Yogyakarta)
Abstract
Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna ponsel terbesar di dunia, yang mana jumlah ponsel lebih besar dari jumlah penduduknya. Hal ini membuat bank-bank berlomba-lomba untuk berusaha memberikan layanan terbaiknya kepada nasabah, salah satunya melalui layanan mobile banking. Penelitian ini menguji apakah variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, dan persepsi kenyamanan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap minat penggunaan mobile banking. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa di Yogyakarta yang menggunakan layanan mobile banking. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya dengan menggunakan model TAM dan TPB. Data yang digunakan berupa data primer yang berupa kuesioner yang disebarkan pada tahun 2018. Sebanyak 100 kuesioner diproses menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan persepsi kegunaan (X1)berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking (Y), persepsi kemudahan (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking (Y), persepsi kepercayaan (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking (Y), dan persepsi kenyamanan (X4) berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan mobile banking (Y).
Collections
- Akuntansi [4426]