USULAN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN METODE BALANCED SCORECARD DAN SWOT SEBAGAI PENDUKUNG PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN TRANSPORTASI DI INDONESIA (Studi Kasus : Perusahaan Otobus Maju Lancar, Yogyakarta)
Abstract
PO Maju Lancar merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi berupa bus yang
melayani patas regular dan pariwisata trayek Semarang – Yogyakarta dan juga
sebaliknya melewati Magelang. Dengan masuknya pesaing baru di bidang patas regular
yaitu PO. Nusantara membuat posisi Maju Lancar bukan menjadi satu – satunya pemain
utama patas di jalur tengah. Berapa tingkat pertumbuhan yang di peroleh perusahaan
otobus Maju Lancar di ukur dengan menggunakan metode Balanced Scorecard dan juga
bagaimana kinerja perusahaan otobus Maju Lancar di ukur dengan menggunakan
metode Balanced Scorecard. Untuk mengetahui rancangan strategi yang harus
dilakukan perusahaan agar customer dapat dilayani dangan baik dan juga untuk
mengetahui bagaimana cara mempertahankan posisi perusahaan di tengah masuknya
pesaing baru. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan dilakukan
pendekatan metode balanced scorecard yang digunakan untuk mengukur dan
mengevaluasi kinerja setiap aktivitas yang dilakukan perusahaan ke dalam empat
perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran
pertumbuhan. Usulan perbaikan menggunakan fishbone diagram untuk menentukan
upaya yang harus dilakukan analisis SWOT dari hasil balanced scorecard tersebut,
sehingga diketahui faktor internal dan eksternal perusahaan. Setelah itu dilakukan
pemberian skor/nilai dari hasil balanced scorecard dari hasil pembobotan dan rating
yang dilakukan peneliti bersama bagian operasional PO. Maju Lancar. Kemudian dibuat
matrik diagram analisis SWOT untuk menghasilkan rancangan strategi SO (strength,
opportunity), ST (strength, threat), WO (weakness, opportunity), dan WT (weakness,
threat). Skor/nilai yang didapat masing – masing faktor internal dan eksternal diolah
menjadi grafik analisis SWOT.Dari grafik analisis SWOT, usulan alternatif rancangan
strategi yang sebaiknya dilakukan PO. Maju Lancar untuk menjaga loyalitas customer
yang dimiliki adalah menggunakan strategi ST (strength, threat), yaitu membuat
kebijakan intern tertulis yang lebih tegas mengenai pungutan paksa dan
mempromosikan reservasi Gunung Kidul.
Collections
- Industrial Engineering [2224]