Show simple item record

dc.contributor.authorMokoginta, Regina
dc.date.accessioned2016-09-27T06:25:01Z
dc.date.available2016-09-27T06:25:01Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/136
dc.description.abstractDalam upaya untuk mengurangi tingkai kecelakaan pada Jalan To! Surabaya-Gempol dengan panjangjalan sekitar 43 km dan terdiri atas delapan ruas yaitu: Tanjung Perak - Dupak - Banyu Urip - Kola Satelit - Gunung Sari - Warn - Sidoarjo - Porong - Gempol, dilakukan penelitian untuk mengurangi angka kecelakaan. Penelitian im menghiiung angka kecelakaan, jenis-jenis kecelakaan, serta faktor-faktor penyebab kecelakaan yang menimpa para pemakaijalan diJalan ToISurabaya-Gempol. Data yang digunakan untuk analisis adalah data primer yang didapatkan dengan survey di lapangan dan pembagian kuisioner serta data sekunder yang didapatkan dari PT. Jasa Marga (Persero) mulai dari Tahun 2003 sampai Tahun 2005. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggolongkan kecelakaan berdasarkan klasifikasi-klasifikasi yang diterapkan pengelolajalan dalam hal ini PT. Jasa Marga (Persero), meiode Black Site dan Black Spot. Hasil penelitian menunjukkan jumlah kecelakaan selama Tahun 2003 2005 sebanyak 448 kecelakaan, dengan tingkat keparahan korban meningeal dunia 8%, luka berat 33% dan luka ringan 59%. Faktor penyebab utama kecelakaan adalah faktor pengemudi 68%, waktu kejadian kecelakaan terbanvak pada jam 12.00 ~ 18.00 sebesar 33.70% Jenis kelamin korban kecelakaan ierbanyak adalah laki-laki sebesar 97%. Kecelakaan terbanyak terjadi pada saat cuacacerah sebesar 86.38%. Jenis kendaraanyang dominan terlibat kecelakaan adalah jenis mini bus sebesar 25% dan tipe tabrakan yang sering terjadi adalah kecelakaan sendiri sebesar 62.66% untuk kecelakaan tunggal sedangkan untuk tipe kecelakaan ganda, tipe kecelakaan yang paling dominan adalah tabrak depan belakang sebesar 61.65%. Identifikasi masalah yang ada adalah pengemudi yang tidak disiplin dalam berlalulintas, tidak menghiraukan kelayakan kendaraan serta kurangnya fasilitas tempat istirahat mengakibatkan pengemudi yang lelah dan mengantuk akan kehilangan konsentrasi. Usaha untuk mereduksi tingkat kecelakaan dilakukan penambahan fasilitas tempat istirahat rambu rambu permgatan, pengawasan dan penindakan tegas lerhadap pemakai jalan yang tidak disiplin, penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana lalu lintas yang baik. Kata-kata kunci: Jalan Tol Surabaya-Gempol, Black Site, Black Spot, Kecelakaan sendiri, Tabrak depan belakang.en_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectJalan Tol Surabaya-Gempol, Black Site, Black Spot, Kecelakaan sendiri, Tabrak depan belakang.en_US
dc.titleAnalisis Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol Tahun 2003-2005en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record