Analisis Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol Tahun 2003-2005
Abstract
Dalam upaya untuk mengurangi tingkai kecelakaan pada Jalan To!
Surabaya-Gempol dengan panjangjalan sekitar 43 km dan terdiri atas delapan
ruas yaitu: Tanjung Perak - Dupak - Banyu Urip - Kola Satelit - Gunung Sari
- Warn - Sidoarjo - Porong - Gempol, dilakukan penelitian untuk mengurangi
angka kecelakaan. Penelitian im menghiiung angka kecelakaan, jenis-jenis
kecelakaan, serta faktor-faktor penyebab kecelakaan yang menimpa para
pemakaijalan diJalan ToISurabaya-Gempol.
Data yang digunakan untuk analisis adalah data primer yang didapatkan
dengan survey di lapangan dan pembagian kuisioner serta data sekunder yang
didapatkan dari PT. Jasa Marga (Persero) mulai dari Tahun 2003 sampai Tahun
2005. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggolongkan kecelakaan
berdasarkan klasifikasi-klasifikasi yang diterapkan pengelolajalan dalam hal ini
PT. Jasa Marga (Persero), meiode Black Site dan Black Spot.
Hasil penelitian menunjukkan jumlah kecelakaan selama Tahun 2003
2005 sebanyak 448 kecelakaan, dengan tingkat keparahan korban meningeal
dunia 8%, luka berat 33% dan luka ringan 59%. Faktor penyebab utama
kecelakaan adalah faktor pengemudi 68%, waktu kejadian kecelakaan terbanvak
pada jam 12.00 ~ 18.00 sebesar 33.70% Jenis kelamin korban kecelakaan
ierbanyak adalah laki-laki sebesar 97%. Kecelakaan terbanyak terjadi pada saat
cuacacerah sebesar 86.38%. Jenis kendaraanyang dominan terlibat kecelakaan
adalah jenis mini bus sebesar 25% dan tipe tabrakan yang sering terjadi adalah
kecelakaan sendiri sebesar 62.66% untuk kecelakaan tunggal sedangkan untuk
tipe kecelakaan ganda, tipe kecelakaan yang paling dominan adalah tabrak
depan belakang sebesar 61.65%. Identifikasi masalah yang ada adalah
pengemudi yang tidak disiplin dalam berlalulintas, tidak menghiraukan kelayakan
kendaraan serta kurangnya fasilitas tempat istirahat mengakibatkan pengemudi
yang lelah dan mengantuk akan kehilangan konsentrasi. Usaha untuk mereduksi
tingkat kecelakaan dilakukan penambahan fasilitas tempat istirahat rambu
rambu permgatan, pengawasan dan penindakan tegas lerhadap pemakai jalan
yang tidak disiplin, penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana lalu lintas
yang baik.
Kata-kata kunci: Jalan Tol Surabaya-Gempol, Black Site, Black Spot,
Kecelakaan sendiri, Tabrak depan belakang.
Collections
- Civil Engineering [4205]