Show simple item record

dc.contributor.advisorRatna Permata Sari S.I.KOM., M.A
dc.contributor.authorBangkit Darmawan, 14321101
dc.date.accessioned2019-02-14T06:29:45Z
dc.date.available2019-02-14T06:29:45Z
dc.date.issued2018-08-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/13615
dc.description.abstractBangkit Darmawan. 14321101. Relasi Kuasa dalam Game Online DotA 2 (Studi Etnografi Virtual tentang Dinamika Otoritas Kekuasaan didalam Proses Komunikasi Komunitas Virtual Game Online DotA 2 Server South East Asia). Skripsi Sarjana. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Universitas Islam Indonesia 2018 Banyaknya peminat game online saat ini membuat munculnya kompetisi antar setiap game online, salah satunya ialah game online DotA 2. Permainan DotA 2 yang membutuhkan strategi dan kerjasama tim untuk mencapai kemenangan membuatnya menarik untuk diteliti, terlebih didalam game online DotA 2 juga terdapat suatu poin yang menjadi tolak ukur kemampuan atau skill pemain yaitu, MMR (Matchmaking Ratio). Didalam penelitian ini peneliti menggunakan metode etnografi virtual dengan melakukan pengambilan data secara observasi partisipasi. Adapun hasil penelitian ini adalah. Proses komunikasi yang terjadi didalam komunitas virtual game online DotA 2 melalui beberapa tahapan yaitu seorang komunikator melakukan encoding untuk membentuk sebuah pesan yang akan dikirim secara verbal dan non verbal. Setelah pesan dikirim maka decoding dilakukan oleh komunikan yang akan menghasilkan effect dan feedback. Dari proses komunikasi tersebut setiap pemain saling berkompetensi untuk menjadi komunikator dominan yang pada akhirnya ditentukan dan disepakati oleh anggota tim. Untuk menjadi komunikator dominan seorang pemain harus memiliki poin MMR yang tinggi agar dipandang memiliki kemampuan yang lebih atau skill yang lebih. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya menjadi tolak ukur seorang komunikan. Ada keistimewaan yang dapat menjadi tolak ukur kepercayaan pemain atau komunikan terhadap komunikator dominan diluar daripada poin MMR, yaitu tentang bagaiamana seseorang dapat mempengaruhi, memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan kemampuan permainan yang baik didalam pertandingan. Hal tersebut memunculkan kekuasaan terhadap komunikator dominan tersebut dan kekuasaan tersebutlah yang dinamakan otoritas kharismatik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectProses komunikasien_US
dc.subjectgame online DotA 2en_US
dc.subjectkomunitas virtualen_US
dc.subjectetnografi virtualen_US
dc.subjectOtoritas kekuasaanen_US
dc.titleRelasi Kuasa dalam Game Online DotA 2 (Studi Etnografi Virtual tentang Dinamika Otoritas Kekuasaan didalam Proses Komunikasi Komunitas Virtual Game Online DotA 2 Server South East Asia).en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record