Hubungan Persepsi Harapan-Harapan Sosial terhadap Peran sebagai Mahasiswa Psikologi UII dengan Stres yang Dialami Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan negatif antara persepsi
harapan-harapan sosial terhadap peran sebagai mahasiswa psikologi dengan stres yang dialami
mahasiswa. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini ada hubungan negatif antara persepsi
harapan-harapan sosial terhadap peran sebagai mahasiswa psikologi dengan stres. Semakin tinggi
stres maka persepsi harapan-harapan sosial semakin rendah atau buruk dan semakin rendah stres
maka persepsi harapan-harapan sosial semakin tinggi atau baik.
Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UII berjenis kelamin lakilaki
dan perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket. Skala yang digunakan
dalam penelitian ini adalah skala stres yang mengacu pada teori Crider(1983) dan skala persepsi
harapan-harapan sosial mengacu pada teori Secord &Backman (1974) dan Biddle &Thomas
(Sarwono, 1995).
Metode analisis data menggunakan fasilitas program SPSS versi 11,5 untuk menguji
apakah ada hubungan negatif antara persepsi harapan-harapan sosial terhadap peran sebagai
mahasiswa psikologi dengan stres yang dialami mahasiswa. Korelasi product moment dari Pearson
menunjukkan korelasi sebesar -0,667 yang artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara
persepsi harapan-harapan sosial terhadap peran sebagai mahasiswa psikologi dengan stres yang
dialami mahasiswa. Jadi hipotesis diterima.
Collections
- Psychology [2270]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
MEMAHAMI FAKTOR-FAKTOR PENGGUNAAN E-FILLING OLEH WAJIB PAJAK DI INDONESIA
Nurul Dyah Listyanti, 14312460 (Universitas Islam Indonesia, 2018-04-13)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mepengaruhi niat penggunaan e-filling oleh wajib pajak di Indonesia dengan menggunakan teori UTAUT dan pengembangan konsep multidimensi dari dua variabel utama ... -
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Menggunakan Pemasaran Internet di Indonesia
Abdurrosyid Luhur Pambudi, 15311337 (Universitas Islam Indonesia, 2019-09-11)Skripsi memiliki judul “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat untuk Menggunakan Pemasaran Internet di Indonesia“, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas ... -
Analisis Minat Membayar Zakat Melalui Platform Online (Studi Kasus di Provinsi Jawa Barat)
Labib, Aziz Muhammad (Universitas Islam Indonesia, 2023)Penelitian ini menganalisis variabel harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial, literasi zakat, kondisi fasilitas terhadap minat membayar zakat menggunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor ...