ANALISIS STABILITAS GALIAN TANAH DENGAN PERKUATAN TURAP BAJA DAN TURAP BETON MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS V.8.5 ZONA MM2100 CCTW SEKSI 2 PADA PROYEK JALAN TOL CIMANGGIS-CIBITUNG STA 27+070-50+373 (SOIL EXCAVATION STABILITY ANALYSIS WITH STEEL SHEET PILE AND CONCRETE SHEET PILE REINFORCMENT USING PLAXIS V.8.5 PROGRAM ZONE MM2100 CCTW SECTION 2 ON CIMANGGISCIBITUNG TOLL ROAD STA 27+070-50+373)
Abstract
Jalan tol Cimanggis-Cibitung merupakan jalan tol yang mempunyai panjang sekitar 26,3 kilometer. Proyek pengerjaanya memerlukan beberapa sesi pengerjaan. Salah satunya pada seksi 2 terdapat pengerjaan pemasangan pile cap pada STA. 27+070 s/d 50+373. Pada proses penggalian tanah, ada satu hal yang tidak bisa dihindarkan yaitu kegiatan transportasi di jalan tol Cimanggis-Cibitung. Dikhawatirkan terjadi kelongsoran pada galian tanah diakibatkan beban kendaraan yang melintas. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka aman galian tanah asli sebelum dan sesudah diberi perkuatan.
Perhitungan angka aman tanah asli menggunakan program plaxis 8.5 dan metode perhitungan manual menggunakan metode bishop, kemudian menganalisis stabilitas galian tanah dengan turap baja dan dibandingkan dengan turap beton menggunakan program plaxis.
Hasil analisis dari program plaxis galian tanah asli didapatkan bahwa kondisi tanah asli mengalami longsor kemudian dilakukan hitungan manual dengan metode bishop didapatkan angka aman sebesar 0,96 < 1 (tidak stabil). Dan hasil analisis stabilitas galian menggunakan turap baja didapatkan panjang turap yang tertancap sedalam 9 m, momen maksimum sebesar 448,017 kN/m, profil turap baja yang digunakan tipe Larseen 430 dengan nilai W sebesar 6450 cm3 dan kuat tarik baja 400 Mpa atau 210 MN, analisis menggunakan program plaxis 8.5 didapatkan SF (angka aman) menggunakan turap baja tanpa beban gempa sebesar 1,366 > 1,3 (Stabil) dan dengan beban gempa sebesar 1,336 > 1,3 (Stabil). Untuk analisis stabilitas galian tanah menggunakan turap beton didapatkan panjang turap yang tertancap sedalam 14 m, momen maksimum sebesar 44,8017 Tm, profil turap beton yang dipakai tipe W 600 A 1000 dengan nilai cracking moment sebesar 50,6 Tm, analisis menggunakan program plaxis 8.5 didapatkan SF (angka aman) tanpa beban gempa sebesar 2,116 > 1,3 (Stabil) dan dengan beban gempa sebesar 2,081 > 1,3 (Stabil).
Collections
- Civil Engineering [4205]