FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN NASABAH DALAM PEMANFAATAN MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH DI YOGYAKARTA (Factors Affecting Customer Satisfaction in Utilizing Mobile Banking Service of Sharia Bank in Yogyakarta)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, keamanan, persepsi risiko, kemudahan akses, dan kecepatan transaksi terhadap kepuasan nasabah dalam memanfaatkan fasilitas mobile banking pada bank syariah, serta bagaimana faktor tersebut mempengaruhi kepuasan nasabah. sampel yang diambil sebanyak 200 orang. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik kuota sampling, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda SPSS 22. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, keamanan, dan kemampuan akses berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam memanfaatkan mobile banking syariah, sedangkan faktor persepsi manfaat, risiko, dan kecepatan transaksi tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam memanfaatkan fasilitas mobile banking. pada uji koefisien determinasi (R2), variasi variabel independen yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 48% variasi variabel dependen. Sedangkan sisanya sebesar 52% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Collections
- Islamic Economics [826]