PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN DAN MARKET SHARE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA TAHUN 2014-2017 (Studi Empiris pada Perusahaan yang Listing Jakarta Islamic Index) EFFECT OF GOOD CORPORATE GOVERNANCE,FIRM SIZE, AND MARKET SHARE AGAINST EARNING MANAGEMENT ON 2014-2017 (Empirical Study of Companies in the Jakarta Islamic Index Listing)
Abstract
Dengan trend digitaliasasi dalam beberapa tahun belakangan ini ekonomi dunia saat ini mengalami naik turun(volatility), penuh ketidakpastian (uncertainty), penuh kerumitan (complexity), dan membingungkan (ambiguity) sehingga istillah ini dikenal sebagai era VUCA.akibatnya Dunia bisnis saat ini sangat dinamis, bergerak penuh arah akibat dari faktor-faktor yang muncul sebagai tantangan baru.sehingga ide bagaimana mengelola perubahaan melalui sebuah transformasi korporat dan juga harus memperhatikan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) agar dapat bertahan. Center for European Policy Studies (CEPS) GCG merupakan seluruh sistem yang dibentuk mulai dari hak, proses serta pengendalian, baik yang ada di dalam maupun diluar manajemen perusahaan.merujuk pada hal tersebut maka Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh mekanisme corporate governance, Ukuran Perusahaan, dan Market Share terhadap manajemen laba. Mekanisme Corporate governance yang digunakan antara lain: Latar belakangan pendidikan ketua komite audit, dewan komisaris independen kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional.Sampel penelitian adalah 18 perusahaan dari jakarta islamic indeks yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Metode menggunakan teknik purposive sampling selama periode penelitian tahun 2014-2017 yang konsisten selama 4 tahun.Data dikumpulkan dengan menggunakan data sekunder dari pergantiaan indeks yang dipublikasi website resmi Bursa Efek Indonesia.dalam Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1)latar belakangan ketua komite audit tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, (2)Proporsi Dewan Komisaris Independen berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, (3)Kepemilikan Institusional berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, (4)kepemilikan manajerial berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, (5)Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, (6) Market Share berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba
Collections
- Islamic Economics [826]