dc.contributor.advisor | Widinda Normalia Arlianty, M.Pd., | |
dc.contributor.advisor | Muhaimin, M.Sc., | |
dc.contributor.author | Afianti Rizki Aminudin, 15614023 | |
dc.date.accessioned | 2019-01-15T07:02:22Z | |
dc.date.available | 2019-01-15T07:02:22Z | |
dc.date.issued | 2018-11-21 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12783 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara
penerapan model pembelajaran Problem Solving dan model pembelajaran
konvensional terhadap prestasi belajar ranah pengetahuan dan kemampuan
berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 pada
materi Hukum Dasar Kimia. Penelitian ini menggunakan dua instrumen yakni
instrumen tes dan non tes. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah
Uji Mann-Whitney. Hasil uji hipotesis menunjukkan tidak ada perbedaan pada
prestasi belajar ranah pengetahuan siswa antara kelas kontrol dan kelas
eksperimen. Nilai sig hasil analisis diperoleh sebesar 0,391 dengan nilai rata-rata
kelas kontrol 78,42. dan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,87. Hasil uji hipotesis
untuk kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan tidak ada perbedaan pada
kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai
sig hasil analisis diperoleh sebesar 0,207 dengan nilai rata-rata kelas kontrol 52,74
dan nilai rata-rata kelas eksperimen 57,00. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Problem Solving | en_US |
dc.subject | Prestasi Belajar | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Kritis | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI POKOK HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018 | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |