PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA KELAS X MA SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar dan prestasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran model STAD dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 8 kelas MA Sunan Pandanaran Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes untuk data prestasi belajar ranah pengetahuan, dan non tes untuk data minat belajar dalam bentuk angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Tidak ada perbedaan yang signifikan minat belajar antara siswa yang diberi pembelajaran konvensional dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model STAD pada materi Tata Nama Senyawa. (2) Ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran konvensional dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model STAD pada materi Tata nama Senyawa.
Collections
- Chemistry [535]