DESAIN INTERAKSI APLIKASI GO TAWANGMANGU (GOTW) UNTUK PERKIRAAN KUNJUNGAN WISATAWAN DENGAN METODE HARTSON-PYLA
Abstract
Daerah Tawangmangu terkenal sebagai salah satu obyek wisata alam yang sudah
terkemuka sejak lama di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. Banyaknya penduduk Jawa
Tengah yang didukung penggunaan kendaraan bermotor menimbulkan kemacetan di jalur
Kawasan Wisata (KW) Tawangmangu. Hal tersebut berakibat kepada rendahnya angka
kepuasan wisatawan Tawangmangu dalam berwisata karena pada dasarnya tahap pulang-pergi
dari dan menuju suatu destinasi wisata menjadi poin penting dalam perjalanan wisata
(Avenzora 2008). Serta mengakibatkan ketidakpastian pola kunjungan dan perilaku
pengunjung yang akan berwisata sehingga menimbulkan kemacetan dan kurangnya rencana
pengelolaan dari penyedia jasa wisata.
Untuk menunjang kepuasan wisatawan meliputi perkiraan kunjungan serta mengurangi
pola ketidakpastian kunjungan dan perilaku wisatawan maka dibutuhkan Aplikasi Go
Tawangmangu (GoTW) yang menyediakan informasi tentang perkiraan jumlah wisatawan
yang ada pada suatu titik wisata, dan interaksi pengguna satu dengan pengguna lain untuk
saling berbagi mengenai informasi dan kepuasan berwisata antar wisatawan. Untuk membuat
aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna maka dibutuhkan perancangan user
experience design untuk aplikasi mobile agar memberikan user pengalaman yang lebih nyaman
dan lebih efisien.
Langkah pertama adalah melakukan analisis, langkah kedua adalah desain, langkah ketiga
yaitu tahapan purwarupa. Tahap terakhir adalah evaluasi dengan teknik think aloud menurut 4
poin utama Hartson&Pyla(2012) serta prinsip 10 usability Nielsen oleh Nielsen (1995).
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan memanfaatkan user experience
maka setiap masukan pengguna dapat dijadikan perbaikan untuk membuat desain aplikasi
GoTW agar terasa interaktif, menarik, mudah serta menyenangkan untuk memuaskan
pengalaman berwisata wisatawan serta dengan menggunakan metode Hartson-Pyla maka
desain aplikasi GoTW dirasakan nyaman bagi pengguna untuk mengakses berbagai macam
informasi meliputi perkiraan kunjungan wisatawan, jasa, destinasi wisata, dan keadaan daerah
wisata Tawangmangu yang berhasil di uji kepada personas berdasarkan 4 poin utama Hartson-
Pyla.
Hasil dari penelitian ini adalah high fidelity purwarupa dimana purwarupa tersebut akan
menjadi contoh produk yang sesungguhnya akan di kembangkan oleh para engineer
Collections
- Informatics Engineering [2148]