Show simple item record

dc.contributor.advisorAndhika Giri Persada, S.Kom,M.Eng.
dc.contributor.authorNovreza Ridwansyah, 14523243
dc.date.accessioned2019-01-08T03:57:01Z
dc.date.available2019-01-08T03:57:01Z
dc.date.issued2018-10-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/12429
dc.description.abstractDaerah Tawangmangu terkenal sebagai salah satu obyek wisata alam yang sudah terkemuka sejak lama di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. Banyaknya penduduk Jawa Tengah yang didukung penggunaan kendaraan bermotor menimbulkan kemacetan di jalur Kawasan Wisata (KW) Tawangmangu. Hal tersebut berakibat kepada rendahnya angka kepuasan wisatawan Tawangmangu dalam berwisata karena pada dasarnya tahap pulang-pergi dari dan menuju suatu destinasi wisata menjadi poin penting dalam perjalanan wisata (Avenzora 2008). Serta mengakibatkan ketidakpastian pola kunjungan dan perilaku pengunjung yang akan berwisata sehingga menimbulkan kemacetan dan kurangnya rencana pengelolaan dari penyedia jasa wisata. Untuk menunjang kepuasan wisatawan meliputi perkiraan kunjungan serta mengurangi pola ketidakpastian kunjungan dan perilaku wisatawan maka dibutuhkan Aplikasi Go Tawangmangu (GoTW) yang menyediakan informasi tentang perkiraan jumlah wisatawan yang ada pada suatu titik wisata, dan interaksi pengguna satu dengan pengguna lain untuk saling berbagi mengenai informasi dan kepuasan berwisata antar wisatawan. Untuk membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna maka dibutuhkan perancangan user experience design untuk aplikasi mobile agar memberikan user pengalaman yang lebih nyaman dan lebih efisien. Langkah pertama adalah melakukan analisis, langkah kedua adalah desain, langkah ketiga yaitu tahapan purwarupa. Tahap terakhir adalah evaluasi dengan teknik think aloud menurut 4 poin utama Hartson&Pyla(2012) serta prinsip 10 usability Nielsen oleh Nielsen (1995). Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah dengan memanfaatkan user experience maka setiap masukan pengguna dapat dijadikan perbaikan untuk membuat desain aplikasi GoTW agar terasa interaktif, menarik, mudah serta menyenangkan untuk memuaskan pengalaman berwisata wisatawan serta dengan menggunakan metode Hartson-Pyla maka desain aplikasi GoTW dirasakan nyaman bagi pengguna untuk mengakses berbagai macam informasi meliputi perkiraan kunjungan wisatawan, jasa, destinasi wisata, dan keadaan daerah wisata Tawangmangu yang berhasil di uji kepada personas berdasarkan 4 poin utama Hartson- Pyla. Hasil dari penelitian ini adalah high fidelity purwarupa dimana purwarupa tersebut akan menjadi contoh produk yang sesungguhnya akan di kembangkan oleh para engineeren_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUser Experienceen_US
dc.subjectPurwarupaen_US
dc.subjectAnalisisen_US
dc.subjectDesainen_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.titleDESAIN INTERAKSI APLIKASI GO TAWANGMANGU (GOTW) UNTUK PERKIRAAN KUNJUNGAN WISATAWAN DENGAN METODE HARTSON-PYLAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record