GIM KARAMBOL DENGAN AUGMENTED REALITY
Abstract
Bidang hiburan merupakan salah satu bidang yang memanfaatkan teknologi komputer
yang cukup besar. Salah satu bidang hiburan yang banyak memanfaatkan teknologi komputer
adalah Game (permainan). Game komputer menjadi salah satu hiburan yang cukup
menjanjikan.
Berbagai macam Jenis game banyak berkembang dengan pesat sejak awal 1990. Gamegame
tersebut dibangun dengan teknologi yang berbeda-beda. Augmented reality menjadi
salah satu teknologi yang sedang marak dikembangkan akhir-akhir ini. Karena keunggulannya
yang dapat menyatukan dunia maya dan dunia nyata, augmented reality menjadi pilihan yang
cukup menjanjikan.
Gim karambol berbasis augmented reality nantinya akan dibuat secara menarik, sehingga
masyarakat bisa bermain gim karambol dengan sentuhan modern. Dalam perancangan
membuat gim karambol berbasis augmented reality penulis menggunakan Unity. Untuk
membuat asset 3D menggunakan autodesk Maya, Sublime Text digunakan untuk mengedit
coding.
Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode Usability Testing untuk
mengetahui kualitas sistem dari sisi pengguna. Pengujian dilakukan pada 10 mahsiswa. Hasil
dari pengujian dari setiap mahasiswa berbeda – beda dan penilaian mereka di sekitar angka 60
sampai 75 sehingga jika dijadikan rata – rata maka hasil keseluruhan adalah 67,5
Collections
- Informatics Engineering [2143]