NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN EKSTRA KULIKULER TAPAK SUCI PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MODERN MIFTAHUNNAJAH
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu usaha pemerintah di dalam meningkatkan kwalitas sumber daya manusia demi tercapainya pembangunan di berbagai bidang, baik di bidang umum maupun agama. Agar mereka dapat menjadi generasi penerus yang berakhlakul kharimah, maka mereka harus dibina, dibimbing dan dilatih dengan benar dan baik dengan melalui proses pendidikan. Di Pondok Pesantren Modern Miftahunnajah sebagian santri memiliki latar belakang sikap yang belum mandiri, perilaku, Pembentukan karakter pada siswa ini sangat diperlukan mengingat keadaan emosional dan mental siswa yang masih labil. Oleh karena itu, seharusnya santri memiliki sifat mandiri dan perilaku yang baik.
Adapun tujuan dari peneliti ini ialah; 1.Dapat mengetahui niali-nilai karakter apa saja yang terdapat pada ekstrakulikuler Tapak Suci di pondok. 2. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran ekstrakulikuler Tapak Suci di Pondok Pesantren Modern Miftahunnajah. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini ialah; 1. Nilai-nilai karakter apa saja yang ada pada ekstrakulikuler Tapak Suci?. 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran ekstrakulikuler Tapak Suci di pondok? Jenis penelitian ini kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah siswa di pondok. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran ekstrakulikuler ditinjau dari prinsip pembelajaran itu berkaitan dengan perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung/berpengalaman, pengulangan, tantangan, balikan dan penguatan, serta perbedaan individual. Adapun nilai-nilai karakter yang terdapat pada ekstrakulikuler Tapak Suci di pondok antara lain nilai tangung jawab, jujur, displin, percaya diri, ulet, kesantunan, tanguh, religius.
Collections
- Islamic Education [861]