PENGARUH IMPLEMENTASI METODE CERAMAH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini didistribusikan oleh besarnya tingkat peneliti yang penasaran terhadap bagaimana guru menyampaikan pendidikan Islam yang sering menggunakan metode metode ceramah. Itu karena secara umum dianggap tidak menarik bagi siswa. Namun, meskipun guru sering menggunakan metode ceramah tetapi siswa masih bersemangat selama belajar pendidikan Islam karena ketika guru menggunakan metode ceramah sering dikombinasikan dengan metode lain seperti metode diskusi dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan metode ceramah terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam dalam perspektif siswa terhadap minat belajar siswa di SMK Ma'arif 2 Sleman. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Partisipan dalam penelitian ini adalah 56 siswa siswa kelas XI dan XII di SMK Ma'arif 2 Sleman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggunaan teknik analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 56 terdapat di r tabel df= N-2 df=56-2=54 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,2632. Penggunaan metode ceramah minat belajar siswa sebesar 2,656 > 0,2632. Signifikansinya 0,000 < 0,05 Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan implementasi metode ceramah terhadap minat belajar siswa apabila dikreasikan menjadi metode ceramah yang menyenangkan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan agama islam kelas XI dan XII di SMK Ma’arif 2 Sleman”.
Collections
- Islamic Education [862]