Show simple item record

dc.contributor.authorNauli, Michael Budi
dc.contributor.authorEfendi, Muslih
dc.date.accessioned2016-11-30T01:14:02Z
dc.date.available2016-11-30T01:14:02Z
dc.date.issued2003
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/1228
dc.description.abstractDi dunia jasa konstruksi diketahui bahwa dalam setiap tender atau pelelangan selalu teIjadi persaingan yang sangat ketat di antara beberapa perusahaan jasa konstruksi. Mereka saling berlomba-Iomba untuk memenangkan pelelangan dengan strateginya masing-masing. Tentu saja untuk memenangkan pelelangan itu setiap jasa konstruksi yaitu PT. Putra Daya Perkasa dari Batang, Jawa Tengah, mempunyai rencana dan strategi sendiri dalam mengajukan penawaran-penawaran pelelangan. Selanjutnya data-data yang didapat dianalisis untuk mencari besamya nilai mark-up, Nilai Harapan Optimal (NHO), dan probabilitas. Setelah nilai-nilai tersebut diketahui, maka dapat dibuat grafik untuk memperjelas dan mengetahui hubungan yang terjadi di antara nilai-nilai mark-up, NHO dan harga penawaran. Dari 15 contoh tender serta dari data-data lain yang didapat dari PT. Putra Daya Perkasa seperti owner estimate (OE) masing-masing proyek dan juga data nilai yang sedang dikerjakan sekarang (NPSK) akan dianalisis dengan menggunakan rumus umum statistik . Setelah dianalisis diperoleh basil yakni PT PDP menggunakan strategi nilai mark-up yang diterapkan antara 14,80% -16,87%. Selain itu diketahui Nilai Harapan Optimal yang mereka terapkan yaitu antara 9,01% -10,12%. Sedangkan probabilitasnya adalah 0,400 & 0,600. Dan nilai yang diterapkan oleh para rekanan adalah antara; untuk mark-up; 14,82-17,28. untuk nilai NHO nya adalah; 9,02-10,37 dan nilai probabilitasnya adalah ; 0,400 & 0,600 kemudian dapat diketahui juga hubungan antara mark-up, NHO, HP. Untuk mark-up dan NHO, hubungan yang didapat, semkin tinggi nilai NHOnya maka semakin tinggi nilai mark-upnya. Untuk mark-up dan HP, semakin tinggi nilai HP nya maka belum tentu semakin tinggi nilai mark-up nya,begitu juga sebaliknya. Untuk. NHO dan HP hubungan yang didapat semakin tinggi nilai HP nya maka belum tentu semakin tinggi pula nilai NHO nya,begitu pula sebaliknyaen_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectStrategi Penawaranen_US
dc.subjectPelelanganen_US
dc.subjectStudi Kasusen_US
dc.subjectPT. Putra Daya Perkasaen_US
dc.subjectRumus Umum Statistiken_US
dc.titleStrategi Penawaran pada Pelelangan: Studi Kasus pada PT. Putra Daya Perkasa dengan Menggunakan Rumus Umum Statistiken_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record