PEMAHAMAN MAHASISWA TINGKAT AWAL TERHADAP MATA KULIAH AKUNTANSI PENGANTAR: ANALISIS BERBASIS ASAL SEKOLAH MENENGAH DAN GENDER
Abstract
Penelitian ini berjudul Pemahaman Mahasiswa Tingkat Awal Terhadap Mata Kuliah Akuntansi Pengantar: Analisis Berbasis Asal Sekolah Menengah dan Gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman mata kuliah akuntansi pengantar antara mahasiswa asal SMA/MA/SMK jurusan IPA dengan mahasiswa asal SMA/MA/SMK jurusan IPS dan perbedaan pemahaman mata kuliah akuntansi pengantar antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan uji beda independent t-test sebagai uji analisis hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 81 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan media kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada sampel penelitian. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan pemahaman mata kuliah akuntansi pengantar antara mahasiswa laki-laki dengan perempuan. Dan tidak terdapat perbedaan pemahaman mata kuliah akuntansi pengantar antara mahasiswa berasal dari SMA/MA/SMK jurusan IPA dengan SMA/MA/SMK jurusan IPS.
Collections
- Akuntansi [4399]