Show simple item record

dc.contributor.advisorMiftahul Fauziah, S.T.,M.T.,Ph.D
dc.contributor.authorHanan Haura’ Banafsaj, 14511067
dc.date.accessioned2018-12-06T07:13:52Z
dc.date.available2018-12-06T07:13:52Z
dc.date.issued2018-10-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11981
dc.description.abstractPemanasan global merupakan pemanasan suhu bumi yang memunculkan fenomena meningginya permukaan air laut yang mengancam keberlangsungan kawasan pesisir pantai. Air laut masuk ke wilayah daratan pada waktu permukaan air laut mengalami pasang disebut dengan istilah banjir rob. Banjir rob merusak fasilitas sarana dan prasarana, serta infrastruktur umum seperti ruas jalan. Perkerasan jalan mengalami penurunan kinerja, sehingga mudah mengalami deformasi akibat adanya beban lalu lintas. Selain itu air laut memiliki tingkat keasaman tinggi dan dapat membentuk lubang yang akan semakin besar apabila tidak segera ditangani. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terhadap alternatif baru campuran perkerasan yang dapat mengatasi permasalahan banjir rob di kawasan pesisir pantai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Stone Matrix Asphalt 12,5 mm dengan menggunakan filler abu sekam padi, apabila terendam air laut selama 48 jam dan 96 jam. Tahapan penelitian adalah pemeriksaan sifat fisik material (aspal, agregat kasar, agregat halus, filler, dan air laut), penentuan kadar aspal optimum, pembuatan benda uji, perendaman benda uji dengan air laut, pengujian Marshall, Immersion, Indirect Tensile Strength, Cantabro, dan Permeabilitas. Tahapan selanjutnya membuat analisis dan pembahasan. Standar dalam pemeriksaan sifat fisik material mengacu pada Bina Marga 2010 dan standar campuran mengacu pada AASHTO M325. Hasil penelitian menunjukkan penambahan abu sekam padi meningkatkan nilai stabilitas dan nilai MQ maksimum pada kadar filler 50%, kemudian menurun pada kadar filler 75% dan 100%. Nilai flow cenderung terus meningkat namun turun pada kadar filler 50%. Pada saat direndam air laut, nilai stabilitas, flow, dan MQ mengalami penurunan. Penurunan stabilitas terbesar pada kadar filler 100% sebesar 25,82% rendaman 48 jam dan kadar filler 75% sebesar 30,49% rendaman 96 jam. Penurunan nilai flow terbesar pada kadar filler 50% yaitu sebesar 6,06% rendaman 48 jam dan 11,11% rendaman 96 jam. Penurunan nilai MQ terbesar pada kadar filler 100% yaitu sebesar 21,82% rendaman 48 jam dan 26,05% rendaman 96 jam. Nilai VITM menurun pada kadar filler 25% dan meningkat pada kadar filler 50%. Nilai VMA meningkat pada kadar filler 50% dan nilai density menurun seiring dengan bertambahnya kadar filler abu sekam padi. Nilai IRS semakin meningkat sampai pada kadar filler 50%, kemudian menurun pada penambahan kadar filler selanjutnya. Pada durasi rendaman air laut 48 jam dan 96 jam nilai IRS tidak memenuhi spesifikasi Bina Marga 2010 yaitu >90%. Namun untuk nilai IRS tersebut untuk semua kadar filler pada rendaman 48 jam dan kadar filler 50% pada rendaman 96 jam masih memenuhi batas minimum persyaratan dari Asphalt Institute sebesar >75%. Nilai ITS terus mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya kadar filler abu sekam padi, penurunan terbesar pada kadar filler 0% sebesar 12,96% rendaman 48 jam dan pada kadar filler 50% sebesar 31,86% rendaman 96 jam. Nilai Cantabro Loss terus meningkat pada penambahan kadar abu sekam padi. Kehilangan berat terbesar pada kadar filler 50% sebesar 58,42% rendaman 48 jam dan sebesar 75,53% rendaman 96 jam. Nilai Cantabro Loss untuk durasi rendaman 48 jam dan 96 jam tidak memenuhi spesifikasi Bina Marga 2010 yaitu maksimal 20%. Koefisien permeabilitas menunjukkan indikator “drainase jelek” untuk semua kadar filler abu sekam padi. Setelah melihat dari segala aspek pengujian maka dapat disimpulkan bahwa campuran SMA 12,5 mm pada kadar filler abu sekam padi 50% menujukkan performa yang baik ketika menerima beban dalam kondisi terendam air laut.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAir lauten_US
dc.subjectAbu Sekam Padien_US
dc.subjectStone Matrix Asphalten_US
dc.subjectFilleren_US
dc.titleKINERJA CAMPURAN STONE MATRIX ASPHALT DENGAN BAHAN IKAT ASPAL PERTAMINA PEN 60/70 DENGAN FILLER ABU SEKAM PADI AKIBAT LAMA RENDAMAN AIR LAUTen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record