PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS X DI MAN YOGYAKARTA 1
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa penasaran peneliti terkait metode yang tepat untuk mata pelajaran SKI. Dimana selama ini mata pelajaran SKI banyak yang menganggap sebagai mata pelajaran yang membosankan karena para guru hanya menggunakan metode ceramah. Namun peneliti melihat seorang guru kelas X pengampu mata pelajaran SKI dapat menjadikan mata pelajaran SKI sebagai mata pelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan metode active learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran aktif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MAN Yogyakarta 1.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah menggunakan angket. Subjek penelitian ini adala peserta didik kelas X di MAN Yogyakarta 1 yang berjumlah 48 siswa/i. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana sebagai teknik analisis datanya.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 48 terdapat di rtabel df= N-2 df=48-2=46 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,2845. Penggunaan metode active learning terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,627 > 0,2845. Signifikansinya 0,000 < 0,05 Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode active learning terhadap prestasi belajar siswa apabila guru dapat menggunakan metode dengan kreatif agar menjadi metode pembelajaran aktif yang menyenangkan pada mata pelajaran SKI kelas X MAN 1 Yogyakarta.
Collections
- Islamic Education [918]