ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dari sekian banyak bahasa di
dunia sebagai bahasa Al-Qur’an dan Hadist yang menjadi sumber hukum islam
sehingga tanpa memahaminya kita akan sulit untuk mengerti dan faham akan
isi dari Al-Qur’an dan Hadist, oleh karenanya bahasa arab adalah mata
pelajaran wajib dipelajari dilembaga pendidikan islam dari jenjang Madrasah
Ibtidaiyah sampai Sekolah Tinggi Islam. Dalam proses pembelajaran bahasa
arab, hambatan-hambatan selalu ada, hambatan-hambatan tersebut banyak
menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar bahasa arab baik faktor internal
maupun faktor eksternal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yakni
guru dan siswa, Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive
sampling yang berjumlah 11 orang informan. Metode pengumpulan data
menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tujuan umum
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar
bahasa arab di MTsN 2 Sleman Yogyakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, kurangnya minat dan
motivasi dari dalam diri siswa untuk mempelajari Bahasa Arab, kedua yaitu
sulitnya siswa membaca dan memahami arti dari setiap kosa kata Bahasa Arab,
ketiga adalah perhatian orangtua terhadap siswa tentang kesadaran dan
dorongan belajar diluar sekolah, keempat adalah metode penyampaian guru
yang terlalu monoton yaitu hanya menggunakan metode ceramah dan
penggunaan media belajarnya hanya menggunakan buku saja sehingga siswa
merasa tidak tertarik untuk belajar Bahasa Arab lebih dalam.
Collections
- Islamic Education [862]