Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. AF Djunaidi, M.Ag,
dc.contributor.authorAchmad Farid, 14422065
dc.date.accessioned2018-12-05T06:48:38Z
dc.date.available2018-12-05T06:48:38Z
dc.date.issued2018-10-08
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11927
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak yang belum memiliki pemahaman fiqih yang baik. Sementara, pemahaman seputar fiqih itu sangat penting, terutama untuk beribadah, dan juga ketika bermuamalah. Dari fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran Pengaruh metode pembelajaran Fiqih terhadap hasil belajar siswa di Man 4 Sleman Pakem Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Subjek yang dijadikan responden adalah 40 siswa MAN 4 Sleman. Teknik penelitian menggunakan penelitian populasi karena jumlah keseluruhan siswa adalah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan komputer program SPSS versi 23 for windows. Temuan hasil penelitian ini adalah: (1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih di MAN 4 Sleman Pakem Yogyakarta adalah Ceramah, diskusi, dan demonstrasi. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Fiqih terhadap hasil belajar siswa di MAN 4 Sleman Pakem Yogyakarta yang ditunjukkan dengan harga R=0,678 yang berkategori sedang/cukup, dan besarnya pengaruh metode pembelajaran Fiqih terhadap hasil belajar siswa di MAN 4 Sleman Pakem Yogyakarta yaitu sebesar 46% yang dibuktikan (R2 = 0,460 dan p=0,000<0,05), dan sisanya merupakan variabel lain sebesar 54%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode Pembelajaranen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 4 SLEMAN, PAKEM, YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record