PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP AKHLAK SISWA SMP NEGERI 4 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Akhlak tidak akan terbentuk pada diri seseorang jika tidak memiliki akidah dan syariah yang baik. Banyak sekali kecenderungan merosotnya akhlak yang menyebabkan anak didik cenderung bersikap kasar dan tidak memiliki sopan santun. Hal tersebut disebabkan oleh dua faktor diantaranya faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yang mempengaruhi akhak seseorang diantaranya, orang tua dan lingkungan masyarakat, sedangkan faktor eksternal diantaranya yaitu emosional peserta didik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pegaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa SMP Negeri 4 Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitainnya adalah siswa SMP Negeri 4 Sleman Yogyakarta kelas 7 dan kelas 8 sebanyak 64 siswa, yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan alam penelitian ini adalah menggunakan angkat. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa sebesar 39,5%. Hal tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan uji regresi linier sederhana dengan koefisien determinasi (R2) pada peneltian ini yang menunjukan besarnya R Square adalah 0,395, maka dapat diartikan bahwa 39,5% akhlak siswa dipengaruhi oleh kecerdasan emosional, sedangkan 60,5% dipengaruhi oleh variabel lain.
Collections
- Islamic Education [862]