Pengkomunikasian Corporate Social Responsibility Melalui Internet (Studi Komparasi pada Perusahaan Perbankan di Indonesia dan Australia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji komunikasi dua arah dan transparansi dari pengkomunikasian CSR melalui internet. Penelitian ini dilakukan pada 40 (empat puluh) perusahaan perbankan di Indonesia dan 13 (tiga belas) perusahaan perbankan di Australia, dengan fokus analisis pada tujuh tipe informasi dan dokumen online CSR. Tujuh tipe itu adalah pencapaian, penghargaan, laporan CSR, FAQ, hubungi kami, berita, dan informasi moneter. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan model Miles and Huberman. Dipenelitian ini peneliti memisahkan hasil pengujian antara Indonesia dan Australia. Perusahaan di Indonesia ditemukan memiliki presentase yang lebih rendah dari Australia kecuali pada laporan CSR. Sedangkan peneliti menemukan bahwa perusahaan di Australia unggul dalam sebagian besar fokus analisis. Australia memiliki kesadaran transparansi yang lebih tinggi daripada Indonesia. Namun kedua negara ini masih memiliki kesadaran komunikasi dua arah yang rendah.
Collections
- Akuntansi [4426]