Faktor-faktor yang Mempengaruhi Strategic Business-IT Alignment: Studi Kasus pada Universitas Muhammadiyah Riau
Abstract
Keselarasan strategi Teknologi Informasi (TI) dan Bisnis adalah kunci utama yang
menghubungkan antara harapan implementasi TI dengan pencapaian visi, misi dan
keunggulan kompetitif yang berkesinambungan pada sebuah organisasi. Pada lembaga
Pendidikan Tinggi, keselarasan strategi TI dan Bisnis berperan sebagai aspek terpenting
dalam mendukung efisiensi dan efektivitas proses pendidikan, penelitian, administrasi, dan
pengabdian kepada masyarakat. kegagalan dalam menyelaraskan strategi TI dan bisnis
akan mengakibatkan biaya investasi lebih tinggi dibandingkan perencanaan, posisi
Keunggulan kompetitif universitas menjadi menurun, serta kegagalan dalam melakukan
inovasi secara cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang
berpengaruh signifikan dalam mewujudkan kondisi strategi TI dan bisnis yang selaras pada
level pendidikan tinggi. Faktor-faktor tersebut adalah berupa komitmen manajemen
puncak, penggunaan tenaga TI eksternal, kemampuan staf TI internal, fleksibilitas
infrastruktur TI, dan komunikasi pengetahuan antara eksekutif TI dan eksekutif bisnis.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa komitmen manajemen
puncak, penggunaan tenaga TI eksternal, kemampuan staf TI internal, dan komunikasi
pengetahuan antara eksekutif TI dan eksekutif bisnis berpengaruh signifikan terhadap
keselarasan TI dan bisnis pada Universitas Muhammadiyah Riau. Sedangkan untuk
fleksibilitas infrastruktur TI tidak berpengaruh signifikan terhadap keselarasan TI dan
bisnis pada Universitas Muhammadiyah Riau. Dengan meningkatkan intensitas dan
kualitas faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keselarasan TI dan bisnis
tersebut, maka diharapkan Universitas Muhammadiyah Riau dapat menyelaraskan strategi TI dan bisnis sebagai penopang dalam pencapaian visi dan misi Universitas