FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI ERP SIMULATION GAME (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Saat ini teknologi merupakan kebutuhan pokok dalam menjalankan suatu
pekerjaan. Salah satu teknologi yang diterapkan di bidang akuntansi adalah sistem
Enterprise Resource Planning (ERP). UII sudah memberikan fasilitas dengan
diadakannya ERP simulation game, namun dengan fasilitas yang diberikan tidak
membuat banyak mahasiswa tertarik mengikuti ERP simulation game. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi niat mahasiswa
akuntansi untuk mengikuti ERP simulation game. Faktor faktor yang
mempengaruhi niat mahasiswa untuk mengikuti ERP simulation game yaitu
gender, efikasi diri, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan sikap. Teknik
pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 118
responden. Pada penelitian ini analisa data menggunakan Structural Equation
Models (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian
menunjukan bahwa sikap berpengaruh positif terhadap niat. Variabel persepsi
manfaat dan persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif yang signifikan
terhadap sikap. Selain itu efikasi diri dan gender juga memiliki pengaruh positif
yang signifikan terhadap persepsi kemudahan. Sedangkan gender tidak memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap persepsi manfaat.
Collections
- Akuntansi [4399]