HASIL PEMBELAJARAN KKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MASYARAKAT MADANI: KASUS MAHASISWA PESERTA KKN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter nasyarakat madani
sudah tercermin melalui persepsi mahasiswa tentang pembelajaran selama mengikuti program
KKN baik dalam menjalankan program bersama masyarakat, bergaul sehari-hari dengan
masyarakat di sekitar tempat pemondokan (Posko), dan dengan teman-teman satu unit atau sesama
desa. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 96 orang mahasiswa peserta KKN
Antar Waktu Tahun Akademik 2015/2016 (48 orang laki-laki dan 48 orang perempuan) dari
berbagai prodi di Unit 316 sampai dengan Unit 327 di Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten
Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Data penelitian berupa data kualitatif dari survei dengan
mengajukan pertanyaan kualitatif, yaitu tentang pembelajaran yang diperoleh baik dalam
menjalankan program, atau bergaul dengan masyarakat dan sesama anggota Unit selama program
KKN. Dari 96 mahasiswa menghasilkan data sejumlah 834 jawaban, yang berupa kalimat atau
phrasa. Analisis Data menggunakan metode Tematik. Analisis data menghasilkan tujuh kategori
pembelajaran mahasiswa, yaitu: (1) Ketrampilan kerja (2) Pengembangan pribadi, (3) Ketrampilan
Sosial, (4) Memahami Lingkungan Sosial, (5) Pengabdian kepada Masysrakat, (6) Sikap Hidup,
dan (7) Religiusitas (Ke-Islaman). Dari tujuh kategori ini perilaku sebagai anggota masyarakat
madani sudah tercermin pada kategori ketrampilan sosial, dan sikap hidup. Hasil penelitian juga
menyampaikan saran dan rekomendasi.