Show simple item record

dc.contributor.authorP. Nugraha1*, Sumedi
dc.date.accessioned2018-11-07T01:43:34Z
dc.date.available2018-11-07T01:43:34Z
dc.date.issued2017-11-22
dc.identifier.isbn978-602-450-211-9
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11545
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakter nasyarakat madani sudah tercermin melalui persepsi mahasiswa tentang pembelajaran selama mengikuti program KKN baik dalam menjalankan program bersama masyarakat, bergaul sehari-hari dengan masyarakat di sekitar tempat pemondokan (Posko), dan dengan teman-teman satu unit atau sesama desa. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 96 orang mahasiswa peserta KKN Antar Waktu Tahun Akademik 2015/2016 (48 orang laki-laki dan 48 orang perempuan) dari berbagai prodi di Unit 316 sampai dengan Unit 327 di Desa Jrakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Data penelitian berupa data kualitatif dari survei dengan mengajukan pertanyaan kualitatif, yaitu tentang pembelajaran yang diperoleh baik dalam menjalankan program, atau bergaul dengan masyarakat dan sesama anggota Unit selama program KKN. Dari 96 mahasiswa menghasilkan data sejumlah 834 jawaban, yang berupa kalimat atau phrasa. Analisis Data menggunakan metode Tematik. Analisis data menghasilkan tujuh kategori pembelajaran mahasiswa, yaitu: (1) Ketrampilan kerja (2) Pengembangan pribadi, (3) Ketrampilan Sosial, (4) Memahami Lingkungan Sosial, (5) Pengabdian kepada Masysrakat, (6) Sikap Hidup, dan (7) Religiusitas (Ke-Islaman). Dari tujuh kategori ini perilaku sebagai anggota masyarakat madani sudah tercermin pada kategori ketrampilan sosial, dan sikap hidup. Hasil penelitian juga menyampaikan saran dan rekomendasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectseminar, nasional, diseminasi, KKN UII, belajaren_US
dc.titleHASIL PEMBELAJARAN KKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MASYARAKAT MADANI: KASUS MAHASISWA PESERTA KKN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record