KREATIVITAS KOMUNIKASI DAKWAH PARTISIPATIF KOMUNITAS SHIFT BANDUNG
Abstract
Dakwah di Indonesia selalu mengalami perkembangan. Pada awalnya dakwah hanya
menggunakan komunikasi satu arah, tetapi di era millenial dakwah dilakukan dengan lebih
meningkatkan peran serta masyarakat atau jamaah dan penggunaan media sosial. Penelitian ini
mengkaji kreativitas gerakan dakwah yang melibatkan partisipasi masyarakat baik secara langsung
maupun di media sosial. Obyek penelitian adalah Gerakan dakwah SHIFT yang memiliki sasaran
yaitu anak muda yang belum tertarik dengan Islam. Pemuda Hijrah (SHIFT) sebagai gerakan
dakwah akhirnya melakukan dakwah sesuai dengan ketertarikan anak muda saat ini. Gerakan ini
melakukan dakwah dengan pendekatan kreatif melalui olahraga, musik, visual dan media sosial.
SHIFT juga melibatkan jamaah dan netizen dalam pelaksanaan strategi komunikasi dakwah. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini teori strategi komunikasi dan dakwah partisipatif. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan langsung dengan narasumber
pendiri komunitas SHIFT, jama’ah pengajian SHIFT dan salah satu netizen melalui media sosial.
Hasil penelitian menunjukkan kreativitas Pemuda Hijrah (SHIFT) dalam melakukan strategi
komunikasi dakwah partisipatif. Model dakwah ini berhasil menarik jamaah untuk ikut berperan
aktif mulai dari perencanaan sampai evaluasi program dakwah SHIFT.