Show simple item record

dc.contributor.authorNur Sabrina, Ghassani
dc.contributor.authorHariyanti, Puji
dc.date.accessioned2018-11-04T03:18:18Z
dc.date.available2018-11-04T03:18:18Z
dc.date.issued2018-09-27
dc.identifier.isbn978-602-450-321-5
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11452
dc.description.abstractDakwah di Indonesia selalu mengalami perkembangan. Pada awalnya dakwah hanya menggunakan komunikasi satu arah, tetapi di era millenial dakwah dilakukan dengan lebih meningkatkan peran serta masyarakat atau jamaah dan penggunaan media sosial. Penelitian ini mengkaji kreativitas gerakan dakwah yang melibatkan partisipasi masyarakat baik secara langsung maupun di media sosial. Obyek penelitian adalah Gerakan dakwah SHIFT yang memiliki sasaran yaitu anak muda yang belum tertarik dengan Islam. Pemuda Hijrah (SHIFT) sebagai gerakan dakwah akhirnya melakukan dakwah sesuai dengan ketertarikan anak muda saat ini. Gerakan ini melakukan dakwah dengan pendekatan kreatif melalui olahraga, musik, visual dan media sosial. SHIFT juga melibatkan jamaah dan netizen dalam pelaksanaan strategi komunikasi dakwah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori strategi komunikasi dan dakwah partisipatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan langsung dengan narasumber pendiri komunitas SHIFT, jama’ah pengajian SHIFT dan salah satu netizen melalui media sosial. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas Pemuda Hijrah (SHIFT) dalam melakukan strategi komunikasi dakwah partisipatif. Model dakwah ini berhasil menarik jamaah untuk ikut berperan aktif mulai dari perencanaan sampai evaluasi program dakwah SHIFT.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectKomunikasi dakwah, Kreativitas, Partisipatif, SHIFTen_US
dc.titleKREATIVITAS KOMUNIKASI DAKWAH PARTISIPATIF KOMUNITAS SHIFT BANDUNGen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record