Show simple item record

dc.contributor.advisorPuji Haryanti S.sos.,M.I.Kom
dc.contributor.authorGHASSANI NUR SABRINA, 14321071
dc.date.accessioned2018-10-26T07:50:43Z
dc.date.available2018-10-26T07:50:43Z
dc.date.issued2018-07-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11408
dc.description.abstractIslam memiliki cara yang baik dalam berdakwah yang di contohkan oleh Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam, dimana metode dakwah Rasulullah adalah metode yang lembut dan bijaksana seperti dalam surat An Nahl:125 yang artinya “ Ajaklah ke jalan tuhan-mu dengan cara bijaksana, nasehat (yang menyentuh hati) serta berdiskusi dengan mereka dengan cara yang lebih baik.” Komunikasi dakwah dilakukan dengan tujuan agar masyarakat memahami serta melakukan kehidupan sesuai ajaran dan pedoman agama Islam. Gerakan Dakwah di Indonesia sudah berkembang dari zaman kolonialisme, sampai saat ini muncul juga gerakan dakwah dengan cara baru yang memiliki metode yang berbeda dalam menyampaikan dakwah, tentunya metode baru yang tidak dilakukan oleh gerakan dakwah yang terdahulu. Dalam penelitian ini peneliti mengambil gerakan dakwah SHIFT sebagai objek penelitian. SHIFT adalah gerakan dakwah yang menggunakan metode baru, dalam waktu yang tidak lama SHIFT berhasil memiliki audiens dan tingkat pastisipasi masyarakat yang begitu besar. Maka menjadi menarik bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dakwah partisipatif yang dilakukan komunitas SHIFT Bandung. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi dan konsep dakwah partisipatif, selain itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat maka peneliti menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa SHIFT sudah cukup baik dalam melakukan strategi komunikasi, karena dari elemen komunikasi, perencanaan , impelementasi sampai dengan evaluasi dilakukan dengan baik oleh SHIFT. Dimulai dari mengidentifikasi masalah, analisis khalayak, menetapkan focus tujuan, pemilihan media, pengembangan pesan, perencanaan produksi media, pelaksanaan strategi sampai dengan evaluasi SHIFT selalu membuat strategi komunikasi yang lebih dahulu melewati riset. SHIFT juga melakukan tujuan strategi komunikasi yang meliputi to secure, to establisih dan to motivate. SHIFT juga sudah cukup baik dan maksimal melakukan dakwah partisipatif, hal ini terlihat dari interaksi yang dilakukan SHIFT kepada audiensi yang menghasilkan partisipasi audiens yang cukup tinggi. SHIFT juga mengikutsertakan audiens dalam setiap kegiatan dakwah mereka.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPartisipatifen_US
dc.subjectDakwahen_US
dc.subjectGerakan Dakwahen_US
dc.subjectStrategi Komunikasien_US
dc.titleStrategi Dakwah Partisipatif Komunitas Shift Bandungen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record