Hubungan Dukungan Teman Sebaya dan Stres Akademik pada Siswa SMA Boarding School
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dan stres akademik pada siswa SMA Boarding School. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara dukungan teman sebaya dengan stres akademik pada siswa SMA Boarding School. Untuk menguji hipotesis penelitian, peneliti melakukan pengambilan data dengan menggunakan skala dukungan teman sebaya dari Thompson dan Mazer (2009), yaitu Student Academic Support Scale (SASS) dan skala stres akademik dari Sun, Dunne, Hou, & Xu (2011), yaitu Educational Stress Scale for Adolescent (ESSA). Kedua skala tersebut diberikan pada 100 siswa SMA Boarding School. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r=-0,38 dengan signifikansi p = 0,000 untuk dukungan teman sebaya dan stres akademik, sehingga hipotesis dinyatakan diterima.
Collections
- Psychology [2177]