HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI GURU DAN MOTIVASI MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri guru dan motivasi mengajar guru di UPT Siwalan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara efikasi diri guru dan motivasi mengajar. Subjek dalam penelitian ini merupakan guru sekolah dasar berjumlah 100 orang. Skala efikasi diri guru mengunakan skala Teacher Self-Efficacy, yang diadaptasi dari Skaalvik & Skaalvik, ( 2007). Sedangkan skala motivasi mengajar diadaptasi dari WTMST (The Work Task Motivation Scale for Teachers) oleh Claude, dkk (2008). Data dianalisis menggunakan SPSS versi 23 Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara efikasi diri guru dan motivasi mengajar guru (r=0,514 . p =0,000 ).
Collections
- Psychology [2173]