STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK BMT MITRA USAHA UMMAT DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING
Abstract
Pengembangan produk baru memerlukan strategi yang tepat bersama-sama dengan aspek pendukungnya, seperti manusia, infrastruktur, budaya, dan inovasi yang berkelanjutan. Untuk mampu bertahan di pasar, perusahaan senantiasa berusaha dengan berbagai cara untuk berada di depan para pesaingnya dengan menciptakan produk yang sangat baru, proses yang berbeda, memanfaatkan infrastruktur yang sama atau berbeda. Membutuhkan keterampilan baru, meluncurkan produk efisien untuk menghemat biaya, atau dengan menciptakan produk yang tergolong mudah tetapi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana pengembangan produk BMT Mitra Usaha Ummat dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Sedangkan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan melakukan kegiatan penelitian lapangan yaitu dengan cara dilakukan wawancara langsung dengan pihak koperasi BMT Mitra Usaha Ummat, sehingga mendapatkan gambaran tentang bagaimana strategi pengembangan produk BMT Mitra Usaha Ummat dalam meningkatkan keunggulan bersaing.
Hasil penelitian ini menunjukkan salah satu cara yang dilakukan oleh BMT Mitra Usaha Ummat untuk pengembangan produk-produk yang dimilikinya adalah dengan cara mengembangkan produk-produk yang sudah ada, seperti pada produk simpanan Mudharabah, simpanan masa depan (SIMADE), simpanan Mudharabah (SIMUDAH) dan simpanan jangka panjang/deposito (SIJAKA). Dan di bidang penyaluran dana seperti pembiayaan Murabahah, pembiayaan Musyarakah dan pembiayaan Mudharabah. Kemudian pola pengambangan yang dilakukan oleh BMT Mitra Usaha Ummat yaitu dengan cara menggunakan sistim analisis SWOT. karena strategi ini secara tidak langsung dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats).
Collections
- Islamic Economics [826]